Asah Otak Yang Disebut Teka-Teki Sudoku

Teka-teki Sudoku adalah permainan asah otak yang juga disebut teka-teki silang tanpa kata. Teka-teki Sudoku sering diselesaikan melalui pemikiran lateral dan telah membuat dampak besar di seluruh dunia. Juga dikenal sebagai Number Place, teka-teki Sudoku sebenarnya adalah teka-teki penempatan berbasis logika. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan angka numerik dari 1 sampai 9 di setiap sel yang ditemukan pada grid 9 x 9 yang dibagi menjadi 3 x 3 subgrid atau wilayah.

Beberapa digit sering diberikan dalam beberapa sel. Ini disebut sebagai pemberian. Idealnya, di akhir permainan, setiap baris, kolom, dan daerah harus berisi hanya satu contoh dari setiap angka dari 1 hingga 9. Kesabaran dan logika adalah dua kualitas yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permainan. Teka-teki angka yang sangat mirip dengan Teka-teki Sudoku telah ada dan telah diterbitkan di banyak surat kabar selama lebih dari satu abad sekarang.

nagaxxi  – Misalnya, Le Siecle, sebuah surat kabar harian yang berbasis di Prancis, menampilkan, pada awal tahun 1892, kisi 9×9 dengan sub-kotak 3×3, tetapi hanya menggunakan angka dua digit alih-alih 1-9 saat ini. Surat kabar Prancis lainnya, La France, membuat teka-teki pada tahun 1895 yang menggunakan angka 1-9 tetapi tidak memiliki sub-kuadrat 3×3, tetapi solusinya membawa 1-9 di masing-masing area 3 x 3 di mana sub-kuadrat akan menjadi.

Teka-teki ini adalah fitur reguler di beberapa surat kabar lain, termasuk L’Echo de Paris selama sekitar satu dekade, tetapi sayangnya menghilang dengan munculnya perang dunia pertama. Howard Garns, seorang pensiunan arsitek dan pembuat teka-teki lepas berusia 74 tahun, dianggap sebagai perancang Teka-teki Sudoku modern.

Desainnya pertama kali diterbitkan pada tahun 1979 di New York oleh Dell, melalui majalahnya Dell Pencil Puzzles and Word Games dengan judul Number Place. Kreasi Garns kemungkinan besar terinspirasi oleh penemuan kuadrat Latin dari Leonhard Euler, dengan beberapa modifikasi, pada dasarnya, dengan penambahan pembatasan regional dan penyajian permainan sebagai teka-teki, menyediakan kisi yang sebagian lengkap dan membutuhkan pemecah. untuk mengisi sel yang kosong.

Sudoku Puzzles kemudian dibawa ke Jepang oleh perusahaan penerbit puzzle Nicoli. Ini memperkenalkan permainan di korannya Nikoli Bulanan sekitar bulan April 1984. Presiden Nikoli Maki Kaji memberinya nama Sudoku, nama yang perusahaan memegang hak merek dagang; publikasi Jepang lainnya yang menampilkan teka-teki harus puas dengan nama alternatif.

Pada tahun 1989, Sudoku Puzzles memasuki arena video game ketika diterbitkan sebagai DigitHunt di Commodore 64. Diperkenalkan oleh Loadstar/Softdisk Publishing. Sejak itu, Teka-teki Sudoku versi komputerisasi lainnya telah dikembangkan. Misalnya, Yoshimitsu Kanai membuat beberapa pembuat teka-teki terkomputerisasi dari permainan dengan nama Nomor Tunggal untuk Apple Macintosh pada tahun 1995 baik dalam bahasa Inggris maupun dalam bahasa Jepang; untuk Kelapa Sawit (PDA) pada tahun 1996; dan untuk Mac OS X pada tahun 2005.

Leave a Comment